Sunday, February 28, 2016

Asal Mula Kata "Sepur" (bahasa jawa)

Sepur dalam bahasa Jawa, artinya adalah Kereta Api. Kereta Api sendiri di Indonesia sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Lalu bagaimana ceritanya Kereta Api dalam bahasa Jawa menjadi "sepur"? Yuk kita kembali ke masa lalu! 

Setelah Tanam Paksa diberlakukan oleh van den Bosch pada tahun 1825-1830, ide tentang perkeretaapian Indonesia diajukan dengan tujuan untuk mengangkut hasil bumi dari Sistem Tanam Paksa tersebut. Salah satu alasan yang mendukung adalah tidak optimalnya lagi penggunaan jalan raya pada masa itu. Akhirnya, pada 1840, Kolonel J.H.R. Van der Wijck mengajukan proposal pembangunan jalur kereta api di Hindia Belanda.

Kereta api pertama di Indonesia dibangun tahun 1867 di Semarang dengan rute Semarang - Tanggung yang berjarak 26 km oleh NISM, N.V. (Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij) dengan lebar jalur 1.435 mm (lebar jalur SS - Staatsspoorwegen adalah 1.067 mm atau yang sekarang dipakai), atas permintaan Raja Willem I untuk keperluan militer di Semarang maupun hasil bumi ke Gudang Semarang. Kemudian dalam melayani kebutuhan akan pengiriman hasil bumi dari Indonesia, maka Pemerintah Kolonial Belanda sejak tahun 1876 telah membangun berbagai jaringan kereta api, dengan muara pada pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Perak Surabaya. Semarang meskipun strategis, tetapi tidak ada pelabuhannya untuk barang, sehingga barang dikirim ke Batavia atau Soerabaja.

Kehadiran kereta api di Indonesia diawali dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan kereta api di desa Kemijen, Jumat tanggal 17 Juni 1864, oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh "Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij" (NIS) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar spoor 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu, 10 Agustus 1867.

Nah, berdasarkan sedikit cerita masa lalu di atas, ternyata SEPUR itu berasal dari kata berbahasa Belanda SPOOR yang artinya Jalur. Mengapa orang jawa mamakai kata tersebut untuk sebutan Kereta Api? Karena kata SPOOR itu sendiri terdapat pada nama perusahaan yang membuat jalur rel kereta api di zaman dulu. Seperti misalnya orang Indonesia dulu kala menyebut orang Belanda dengan sebutan Kompeni.

Semoga bermanfaat.
Sumber : Wikipedia

Related Posts

Asal Mula Kata "Sepur" (bahasa jawa)
4/ 5
Oleh

1 komentar:

Berikan komentar anda..