Thursday, July 6, 2017

6 Cara Ampuh Memperbaiki Hp Terendam Air Agar Tidak Rusak

Air merupakan musuh besar bagi alat – alat elektronik seperti Hp, karena air dapat merusak komponen – komponen yg ada di dalam nya yang masuk melalui celah – celah yg ada pada Hp anda.
Tips ini saya buat berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya sendiri, saya sudah beberapa kali mempraktekkan langkah – langkah di bawah ini pakai hp pribadi maupun teman saya dan hasil nya memuaskan.

Ada Beberapa Hal yang harus di perhatikan setalah hp anda jatuh atau terendam air.
  • Jangan Goyang – goyang kan Hp secara berlebihan, karena dapat membuat air menyebar luas.
  • Jangan jemur HP, karena dapat membuat komponen rusak karena kepanasan
  • Hp yang jatuh ke air Jangan diamkan terlalu lama
  • Jangan coba hidupkan hp anda, karena akan membuat kerusakan parah.
Lalu bagaimana cara mengatasi Hp yg terjatuh ke dalam air ? berikut tips paling ampuh sesuai pengalaman saya sendiri.
1. Ambil HP Secepat Mungkin
Ambil hp secepat mungkin yg terendam air, bila tidak di khawatirkan semakin banyak air yg masuk ke dalam komponen hp anda.
Meskipun hp dalam ke adaan tertutup rapat oleh casing namun air akan tetap masuk melalui lubang – lubang kecil seperti Port USB, Port Charger dan lubang Speaker.
2. Matikan Dan Keringkan
Matikan hp yg terendam ke dalam air jika dalam kondisi hidup lalu usap dengan handuk guna menghilangkan air di bagian luar.
Ingat…! jangan coba untuk memaksa menghidupkan hp anda, karena akan menyebabkan kerusakan yang cukup parah yang di sebabkan oleh arus listrik dari baterai.
3. Lepas Semua Komponen


Lepaskan semua komponen yg dapat di lepas pada hp tersebut seperti Baterai, memori card, kartu SIM, Casing (jika bisa) kalau gak bisa gak masalah.
Setelah di lepas usap dengan handuk kering, ketika mengeringkan menggunakan handuk. usahakan jangan menggoyangkan hp terlalu berlebihan karena akan membuat air menyebar ke komponen lain.
4. Rendam ke dalam Beras
Cara nya ambil toples, wadah atau kantong plastik sekira nya cukup untuk wadah HP, ambil beras secukup nya, masuk kan HP dan Baterai secara terpisah ke dalam wadah yg berisi beras.
Lalu tutup rapat, pastikan Hp dan baterai dalam keadaan terkubur beras, lalu simpan di dalam lemari minimal 12 Jam atau 24 Jam lebih baik.


Jika kartu SIM dan memori card nya masih berfungsi dengan baik, tak usah di pendam di dalam beras.
Kubur semua komponen hp ke dalam beras sehingga tertutup beras, seperti gambar di bawah ini lalu tutup rapat.


Beras dapat menyerap embun dan air dengan baik, meskipun tidak terlalu sempurna tapi cukup bagus untuk menyerap air yang terdapat dalam Hp dengan catatan tidak terlalu parah.
Jika hp anda basah parah, kami sarankan untuk mengikuti langkah di atas. jika gagal atau ada komponen yang rusak segera ke servis center terdekat untuk mendapatkan pertolongan.
Beras dapat menyerap embun dan air dengan baik, meskipun tidak terlalu sempurna tapi cukup bagus untuk menyerap air yang terdapat dalam Hp dengan catatan tidak terlalu parah.
Jika hp anda basah parah, kami sarankan untuk mengikuti langkah di atas. jika gagal atau ada komponen yang rusak segera ke servis center terdekat untuk mendapatkan pertolongan.
5. Charger HP Hingga Penuh


Jika hp anda sudah di rendam ke dalam beras, silahkan angkat HP anda dan pasang kembali baterai nya.
Jangan hidupkan dulu, charger dulu hingga benar benar penuh.
6. hidupkan
Langkah terakhir, hidupkan Hp yg sudah di cahrger penuh tadi cobalah untuk mengecek kinerja hp anda seperti speaker, kamera mik kirim maupun mik penerima dan fitur lain nya.
Pengalaman
Ilmu yang bagus berdasarkan pengalaman, tips di atas berdasarkan pengalaman saya sendiri saya sudah menggunakan Tips di atas dan Alhamdulilah berhasil.
Seperti kejadian beberapa bulan lalu ketika hp teman saya kehujanan ketika naik motor di jalan, Setelah sampai ke rumah. saya berikan 6 tips di atas dan alhamdulillah Hp nya normal kembali dan sayang nya terjadi kerusakan sedikit pada speaker nya yang agak kasar.
Kerusakan speaker tersebut bisa di sebabkan karena di diamkan terlalu lama (di saku) dan hp sering berguncang yang di sebabkan oleh jalan makadam (bebatuan).
Jika anda mengikuti langkah di atas dengan baik dan benar sesuai peraturan, insyaAllah Hp anda akan normal kembali dengan catatatan hp tidak terlalu parah basah atau terlalu lama terandam air.
Untuk hp yang basah sangat parah saya belum coba, silahkan di coba dan bagikan pengalaman anda melalui kolom komentar di bawah ini.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sobat  silahkan bagikan artikel ini ke teman – teman 
Sumber:hpsaja.com




Related Posts

6 Cara Ampuh Memperbaiki Hp Terendam Air Agar Tidak Rusak
4/ 5
Oleh

Berikan komentar anda..